Kamis, 21 April 2016

Kode Kerusakan Injeksi, Silahkan Baca Tabel Agar Tidak Salah Menangani Masalah di Motor Injeksi

Tidak semua pemilik motor injeksi paham pada problem yang terjadi di tunggangan. Meskipun indikator kerusakan ditandai kedipan lampu di panel spidometer. Contohya injeksi PGM-FI di Honda yang menyebut lampu indikator kegagalan fungsi sensor dengan MIL ( Malfuction Indicator Lamp).
Kedipan lampu MIL normal tampak setelah kunci kontak ON selama 2 detik lalu mati (kalibrasi). Jika bermasalah, maka lampu MIL akan berkedip. Ada dua kedipan dasar panjang dan pendek. Kedipan panjang (1,3 detik) diartikan puluhan (10), kedip pendek (0,3 detik) satu kali berarti 1 dan seterusnya.
Namun, biar lebih mudah, kali ini Em-Plus ingin memaparkan kode-kode yang umum digunakan di merk motor yang banyak beredar di Tanah Air. Misalnya untuk Yamaha atau Suzuki dan Kawasaki.
Tiap merk, biasanya memiliki persamaan kode. Kecuali jika varian tersebut memiliki sensor yang lebih banyak ketimbang varian yang lain. Tetapi, secara garis besar sama saja.
Biar paham, mending baca tabel kedipan dan kode kerusakan motor-motor injeksi. Kalau enggak sangup, sundul, gan ke bengkel resmi, oke?  

MOTOR HONDA INJEKSI :
1 Kedipan : Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)
7 Kedipan : Sensor EOT/ECT (Engine Oil /Coolant Temperature)
8 Kedipan : Sensor TP (Throttle Position)
9 Kedipan : Sensor IAT (Intake Air Temperature)
12 Kedipan : Sensor Injektor
21 Kedipan : Sensor O2 (Oxigen sensor)
29 Kedipan : Sensor IACV (Intake Air Cut Valve)
33 Kedipan : ECM (Engine Control Module)
54 Kedipan : Sensor BAS (Bank Angle Sensor)
Motor Honda Injeksi Step 4
7 Kedipan    : Engine Oil Temperature/Engine Coolant Temperature
8 Kedipan : Throttle Position Sensor
12 Kedipan : Injector
21 Kedipan : O2 Sensor
33 Kedipan : Engine Control Module (ECM)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Yamaha V-ixion
12 Kedipan : Crankshaft Postion Sensor (tidak ada sinyal normal yang diterima dari sensor ini)
13 Kedipan : Intake Air Pressure Sensor (open atau short circuit)
14 Kedipan : Intake Air Pressure Sensor
15 Kedipan : Throttle Position Sensor (open atau short circuit)
16 Kedipan : Throttle Position Sensor (macet atau lengket)
21 Kedipan : Coolant Temperature Sensor (open atau short circuit)
22 Kedipan : Intake Air Temperatur Sensor
30 Kedipan : Lean Angle Sensor (macet atau rusak)
33 Kedipan : Ignition Coil
39 Kedipan : Fuel Injector (open atau short circuit)
41 Kedipan : Lean Angle Sensor
44 Kedipan : Pembacaan dan penulisan pada E2PROM eror)
46 Kedipan : Suplay power ke sistem fuel injection tidak normal
50 Kedipan : Kerusakan memory ECU
Kawasaki D-Tracker 250
11 Kedipan : Sensor main throttle tidak berfungsi
12 Kedipan : Sensor tekanan udara inlet tidak berfungsi
13 Kedipan : Sensor temperatur udara inlet tidak berfungsi
14 Kedipan : Sensor temperatur air inlet tidak berfungsi
21 Kedipan : Sensor crankshaft tidak berfungsi
24 Kedipan : Sensor kecepatan tidak berfungsi
31 Kedipan : Sensor Vehicle down tidak berfungsi
32 Kedipan : Model TH atau EUR, sensor subthrottle tidak berfungsi; model IN, aktuator katub subthrottle tidak berfungsi
33 Kedipan : Sensor oksigen tidak aktif
41 Kedipan : Injector tidak berfungsi
46 Kedipan : Relay pompa bahan bakar tidak berfungsi
51 Kedipan : Koil pengapian tidak berfungsi
56 Kedipan : Relay kipas radiator tidak berfungsi
62 Kedipan : Model TH atau EUR, aktuator katub subthrottle tidak berfungsi; model IN, sensorsubthrottle tidak berfungsi
64 Kedipan : Katup pengganti udara tidak berfungsi
67 Kedipan : Pemanas sensor oksigen tidak berfungsi
Honda CBR 250R
1 Kedipan : MAP Sensor
7 Kedipan : ECT Sensor
8 Kedipan : Throttle Position Sensor
9 Kedipan : IAT Sensor
12 Kedipan : Injector
21 Kedipan : O2 sensor
29 Kedipan : IACV (Idle Control Valve) Sensor
54 Kedipan : Bank Angle Sensor
Motor Yamaha Injeksi
12 Kedipan : Crankshaft position sensor
13 Kedipan : Intake air pressure sensor
14 Kedipan : Saluran intake air pressure sensor
16 Kedipan : Throttle position sensor macet
21 Kedipan : Coolant temperature sensor
22 Kedipan : Intake air temperature sensor
30 Kedipan : Sepeda motor terjatuh
33 Kedipan : Primary ignition coil
39 Kedipan : System kelistrikan fuel injector
41 Kedipan : Lean angel sensor
44 Kedipan : Proses pembacaan atau penulisan pada EPROM
46 Kedipan : Aliran listrik ke system FI tidak normal
50 Kedipan : Kerusakan pada memori ECU
Motor Suzuki Injeksi
12 Kedipan : CKP sensor
13 Kedipan : IAP sensor
14 Kedipan : TP sensor
15 Kedipan : ET sensor
21 Kedipan : IAT sensor
23 Kedipan : TO sensor
24 Kedipan : Ignition Koil
32 Kedipan : Fuel injection
40 Kedipan : ISC valve
42 Kedipan : Ignition switch
44 Kedipan : HO2 sensor

Segala yang dimuat di blog ini tidak/belum mewakili perusahaan secara resmi, melainkan hanya sebagai media informasi maupun sharing yang dihandle secara private oleh Team Divisi Service pada label perusahaan terkait, Terima kasih.


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.